Custom Search

Rabu, 05 September 2007

Ngeblok Di Wordpress

Wordpress.com adalah suatu situs tunggal dengan berbagai blog di dalamnya milik user yang mendaftar disana.

Dengan Wordpress.com kamu dapat memiliki suatu blog pribadi dengan sekejap, tidak perlu membeli domain, sewa hosting dan pusing dengan meng-instal database, cukup kamu daftar aja di Wordpress.com dengan data diri dan nama subdomain yang kamu inginkan yang nantinya menjadi alamat blog WPmu.

Setelah login ke dashboard, pilih menu Options >> General untuk setting blog title dan deskripsinya, serta kamu bisa memilih bahasa utama apa yang kamu digunakan dalam blogmu nanti, sehingga setiap menu dan widgets bisa menyesuaikan dengan bahasa yang kamu pilih.

Untuk memilih layout atau themes berbeda dengan theme klasik yang diberikan WP, pilih menu Presentation dan disitu ada beberapa pilihan theme, dengan klik gambar theme yang diinginkan dan secara otomatis blogmu akan berganti gambar, untuk melihat hasilnya bisa klik link View Site dibagian atas dashboard, jika ternyata theme yang kamu inginkan belum sesuai, kamu bisa kembali lagi ke dashboar untuk merubahnya.

Wordpress (WP) adalah salah satu Content Management System (CMS) yang bisa jadi pilihan nge-blog selain di Blogspot.com dkk.

Uniknya Wordpress punya dua kategori, yaitu Blogging dengan hosting gratisan seperti layaknya Blogger dan bisa juga dengan menginstal script WP di server sendiri dan dengan domain sendiri juga.

Untuk hosting gratisan dan subdomain gratis, bisa dimulai sekarang juga dengan membuat account baru di Wordpress.com, nantinya blogmu bisa diakses dengan alamat url, misalnya seperti url blog ini : rivermaya.wordpress.com, semua postingan di sini nantinya akan di simpan di Wordpress.com.

Sedangkan jika ingin memanage WP dari domain sendiri, bisa download script WP di Wordpress.org dan menginstalnya di server hostingan, ada juga beberapa hosting yang sudah menyediakan script in di menu Fantastico dalam Cpanel, sehingga nggak susah lagi untuk installingnya. Coba tanyakan ke hostinganmu apakah Cpanelnya dilengkapi dengan Fantastico (biasanya untuk order hosting diatas 10MB, karena untuk instal script WP saja sudah memakai setengah dari kapasitas itu)

Untuk yang parkir di Wordpress.com, ada beberapa kelemahan diantaranya kita tidak bisa menginstal soulmate-nya WP yaitu Plugins sesuka hati kita, dan juga harus puas dengan beberapa pilihan themes yang disediakan… namanya juga gratisan

Sumber:http://rivermaya.wordpress.com/

print this page 

0 komentar:

Blog: Erwin - Belajar Blog | The Template by : kendhin Website: x-template.blogspot.com| Powered By: Erwin Arianto