Custom Search

Kamis, 26 Juni 2008

Email Spam? Ini solusi nya

Email Spam? Ini solusi nya

Mungkin sebagian besar pengguna email sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SPAM. Yah betul,.. email spam merupakan email yang sesungguhnya merupakan informasi yang tidak diperlukan oleh pengguna email tersebut, namun tetap saja di kirim secara periode oleh “orang-orang” yang tidak bertanggung jawab.


Seringkali kita bisa menerima email spam lebih dari 10 buah perhari, dan akan menjadi sampah yang terus menumpuk di email account kita.
Bagi pengguna email baru ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk meminimalisir pengiriman email spam ke account kita:

Jangan pernah membuka email dari pengirim yang tidak kita kenal pasti, atau memiliki subject yang sifatnya membuat kita penasaran untuk membuka.

Jangan pernah membalas email spam, karena dengan membalas email spam terebut berarti email anda akan tercatat di listing mereka. Sudah barang tentu anda akan di kirimkan email spam berikutnya di kemudian hari. Salah satu yang sangat rentan akan hal ini adalah mengaktifkan fungsi autoresponder. Jika satu email spam masuk dan auto responder jalan, maka dengan senang hati spammer akan melisting alamat email anda.

Hati hati dengan tipu muslihat link “remove / unsubscribe” dsb, seringkali orang suka tertipu dengan fitur ini. Dengan harapan akan di hapus dari list tapi malah di anggap email anda aktif. Dan sudah pasti anda akan di kirimkan email spam lainnya.
Jika ada mengisi form register, baik di forum dll pastikan anda register di tempat yang terpercaya. Jangan sampai email anda di salah gunakan.

Gunakan rule pada email anda, untuk memfilter spam supaya masuk ke dalam folder khusus, dan secara periode anda hapus.

Kami sarankan anda menggunakan alamat email layanan (misal: info atau support) sebagai email alias saja yang akan diforwardkan ke alamat email user yang sesungguhnya.

Buatlah satu account email (misal: spambox@namadomainemailanda.com) sebagai mail forwarder untuk menampung email-email spam untuk memfilter karakter subject tertentu, dalam hal ini kami inisialkan subject dengan kata XSPAM. Buat filterisasi email dengan membuat rule email (misal: rule/filter dengan logika, jika email berisikan Subject XSPAM dan TO atau CC berisikan namadomainemailanda.com maka Forwardkan ke alamat spambox@namadomainemailanda.com), anda juga bisa membuat rule untuk account spambox tersebut (misal: setiap email yang masuk ke alamat account ini langsung di delete), atau jika anda tidak menghendaki rule di account tersebut sering-seringlah melakukan cek email pada account ini secara periodik (jika menggunakan webmail) untuk menghindari pembengkakan space account hosting anda.
Secara umum engine email system Semanggi.NET tidak melakukan filterisasi dari mesin, filterisasi dilakukan oleh masing-masing user. Adapun jika menghendaki permintaan untuk dilakukan rule filter, silahkan hubungi customer support kami untuk kami setupkan rule

Anti-spam pada system kami telah tersedia, namun bukan berarti dengan adanya anti-spam anda berharap banyak pada kerja system ini. Membuat filterisasi secara manual sangat membantu dalam proses pemisahan ataupun penghapusan spam dari mailbox anda.

Semoga bermanfaat.


http://blog.semanggi.net/index.php/2008/03/24/email-spam-ini-solusi-nya/

print this page 

0 komentar:

Blog: Erwin - Belajar Blog | The Template by : kendhin Website: x-template.blogspot.com| Powered By: Erwin Arianto