Custom Search

Senin, 05 Januari 2009

18 Rahasia Optimalkan dan Promosikan Blog

18 Rahasia Optimalkan dan Promosikan Blog

Menjadi nomer satu di mesin pencari Google adalah dambaan setiap pemilik blog. Apakah bisa blog kita menjadi nomer satu di mesin pencari Google dan bisa mengungguli website? Semoga 18 Rahasia Mengoptimalkan dan Mempromosikan blog bisa membantu Anda

Artikel kali ini saya buat berdasarkan dua pertanyaan yang dikirimkan ke email saya: yaitu “Bagaimana caranya agar blog kita bisa dirujuk atau masuk dalam mesin pencari seperti Google” dan “Bagimana cara mempromosikan blog ?” Sekaligus menyambung dari posting saya sebelumnya tentang Mencari Uang Lewat Internet.

Apa yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya terapkan di blog saya dan hasilnya memang memuaskan. Caranya mudah dan GRATIS tentu saja. Apabila ada bagian yang belum jelas bisa kirim pertanyaan ke email saya. Dengan senang hati saya akan berusaha menjawab.


18 Rahasia Mengoptimalkan dan Mempromosikan blog
1. Optimalkan blog discription dengan kata-kata kunci yang berhubungan dengan blog Anda.(catatan: jangan mengisi kata kunci yang tidak sesuai dengan kontent blog Anda) baca selangkapnya...

2. Optimalkan kata-kata kunci dalam setiap posting, kurangi penggunaan kata-kata yang berbelit-belit. Baca selengkapnya...

3. Tampilkan seluruh judul posting Anda di sidebar atau di akhir blog. Kalau terlalu banyak pilihlah judul-judul yang menarik dan mengandung kata-kata kunci yang sering dipakai di mesin pencari. Untuk mengetahui kata-kata kunci/keyword yang sering di pakai pengguna internet dapat Anda lihat di sini

4. Tampilkan lebih dari satu posting di blog kamu, krena ini akan membantu Google dan mesin pencari lain untuk mereindeknya.

5. Posting secara teratur, minimal 1 posting setiap hari (tapi, jangan meniru di blog saya yang postingnya tidak tiap hari he..he …)

6. Sediakan fasilitas seperti game gratis, download game gratis atau sesuatu yang gratis lainnya. Sebagai contoh anda bisa menambahkan miniclip games di blog Anda seperti Google gadget.

7. Berkunjung dan memberi komentar di blog lain, sebagai permulaaan, kamu bisa beri komentar posting ini atau di shoutbox)

8. Mengisi buku tamu (shoutbox, tagbox dll) blog lain, jangan lupa cantumkan juga link alamat blog Anda.

9. Mengajak blogger lain untuk bertukar link (blogroll), Silakan mengelink blog saya.
10. Pasang Alamat blog di signature email sekaligus beri sedikit ilustrasi tentang blog Anda

11. Daftarkan blogmu di blog direktori, seperti http://feeburner.com, http://technorati.com, http://blogdigger.com. http://www.daypod.com Ikuti seluruh petunjuk pendaftaran pada ketiga blog directory tsb ketika mendaftar.

12. Masukan artikel kamu di situs artikel directori seperti http://www.ezinearticles.com/, http://www.goarticles.com/ dan lain. Kamu googling aja dengan keyword “free article“.

Submit url blogmu di web direktori seperti di http://www.dmoz.com/, http://www.best-web-directories.com/, dan lain-lain
13.
Daftarkan url blog Anda ke search engine yang paling banyak diakses, yaitu Google. Buka: www.google.com/addurl. Masukan alamat url Anda di kotak isian, kotak berikutnya diisi hal-hal yang berhubungan dengan blog Anda. Terakhir isikan kode yang tampil di kotak isian yang telah tersedia. Lalu klik add url.

12. Daftarkan url blogmu ke search engine Yahoo. Buka www.search.yahoo.com/info/submit. Masukan Yahoo Id dan pasword Yahoo (yang belum punya daftarkan ke Yahoo dulu) klik submit your site for free. Kemudian masukkan alamat url dan site feed blog Anda di kolom yang disediakan.

13. Cantumkanalamat blogmu di kartu nama.

14. Iklankan blog Anda di situs-situs penyedia layanan iklan gratis di internet, seperti http://www.biroiklan.net, http://www.adhoo.i-p.com, http://www.admatters.com, http://www.bursaiklan.com, http://www.biroiklan.net, http://www.iklanbaris.co.id, dll.

15. Mengikuti program pertukaran banner (banner exchange)

16. Promosikan secara lisan: kepada teman atau kenalan Anda. Misalnya: “coba kamu buka blogku, cukup ketik Erwin Arianto di Google” .

17. Ikuti berbagai mailing-list kemudian promosikan blogmu Anda juga dapat mengumumkannya pada teman-teman Anda saat chating, contoh mailing list coba kunjungi http://www.egroups.com dan cari topik-topik mailing-list yang sesuai dengan situs homepage Anda.

18 . Promosi lewat SMS. Cara ini efektif lho, apalagi kita punya teman banyak yang punya Hp. Nah kalau ini tidak gratis, he..

print this page 

3 komentar:

Anonim mengatakan...

infonya berguna banget mas,dan satu yang saya sukai dari anda ,kita memiliki selera yang sama soal template,dari kendhin ya

Anonim mengatakan...

Numpang link saya ya mas..

Yahya mengatakan...

sy jg ahh... numpang

Blog: Erwin - Belajar Blog | The Template by : kendhin Website: x-template.blogspot.com| Powered By: Erwin Arianto