Custom Search

Kamis, 10 September 2009

Registry Windows

Pada Artikel ini Anda akan kami perkenalkan dengan registry khususnya pada sistem operasi Windows XP, dan bagaimana menggunakannya. Sebagai orang awam, pembahasan pertama ini perlu Anda tuntaskan sebelum membaca pada latihan berikutnya.

1.1 Mengenal Registry

Yang perlu Anda ketahui, registry di dalam sistem operasi Windows merupakan jantungnya. Seperti manusia memiliki jantung sebagai pusat segala perputaran darah sehingga dapat disirkulasikan ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan registry yang berisi semua informasi dari sistem Windows. Semua informasi yang ada merupakan bagian dari pengendali program aplikasi yang terinstal di sistem Windows.
Saat registry Anda rusak, maka rusaklah sistem Windows Anda, sehingga pekerjaan biasa yang sering dilakukan adalah menginstalnya kembali dengan sistem yang baru tentunya.
Permasalahannya sekarang, bagaimana apabila kita melakukan perubahan-perubahan aturan pada file registry? Yah sesuatu hal bakalan terjadi pada bagian penting Windows Anda.
Untuk memanajemen seluruh sistem dan program yang ada di komputer, Windows menggunakan sebuah file yang sering disebut dengan Registry. Sedangkan browser atau editor default Windows yang sering digunakan untuk membuka sistem Registry tersebut bernama REGEDIT (Registry Editor).
digunakan untuk membuka sistem Registry tersebut bernama REGEDIT (Registry Editor).

1.2 Menjalankan dan Menggunakan Registry

Semua yang membaca Artikel ini kami anggap belum mengerti apa-apa tentang registry. Sehingga Anda perlu kami bimbing dari dasar untuk dapat membuka dan menjalankannya.
Yang perlu Anda pahami adalah, untuk dapat mengakses Registry di dalam Windows, Anda memerlukan editor khusus. Pada Windows XP, telah disediakan Editor yang bernama REGEDIT (Registry Editor). Anda dapat menggunakan editor standar Windows ini untuk membuka registry.

1.2.1 Menjalankan Regedit dari Menu Run
Di depan telah dikatakan, untuk dapat memanipulasi atau melakukan pengaturan registry kita memerlukan Editor. Di dalam Windows telah disediakan editor standar yang dapat kita gunakan, yaitu REGEDIT. Langkah yang paling mudah untuk menjalankan Editor Registry (Regedit) adalah melalui menu Run. Berikut caranya:

1. Dari desktop/halaman depan Windows, Anda dapat mengklik menu Run yang ada di dalam Start Menu. Caranya, klik menu Start
2. Tuliskan pada kolom Open dengan kata REGEDIT atau regedit atau ditulis lengkap dengan regedit.exe. Anda dapat menuliskan dengan sembarang font, huruf kecil maupun besar sama saja. Kemudian klik tombol OK.
3. Selain cara di atas, Anda juga dapat mengklik tombol Browse, dan carilah file program yang bernama regedit.exe. Program editor ini berada pada subfolder C:\Windows.
4. Apabila berhasil, Anda akan segera dihadapkan pada jendela baru yang pada judulnya tertulis Registry Editor.

1.2.2 Menjalankan Regedit dari Windows Explorer
Selain menggunakan menu Run, Anda dapat menjalankan file program Regedit.exe dengan cara menjalankannya secara langsung melalui Windows Explorer. Letak file Regedit berada pada folder C:\Windows.

1.2.3 Mencoba Menelusuri Key
Pada bab kedua kemungkinan banyak dari pembaca yang merasa kesulitan untuk menemukan alamat key-nya (kuncinya). Kenapa, karena begitu panjang dan rumitnya nama kunci dari alamat yang digunakan. Untuk itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kunci tersebut dengan cara menggunakan fungsi Find. Caranya sebagai berikut:
1. Sebagai contoh, apabila Anda mendapatkan bentuk pengaturan seperti pada tabel berikut.

* Path Key : HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\ Desktop
* Data Type : DWORD Value
* Value Name : PaintDesktopVersion
* Value Data : 1
2. Pada alamat pengaturan di atas, kita dapat membaca bahwa kunci utamanya (root key) adalah “HKEY_CURRENT_USER”, sedangkan kunci terakhir yang akan dituju adalah “desktop”.
3. Teknik mudah dan cepat untuk masuk pada subkey dapat dilakukan dengan cara mencari, caranya klik kanan pada kunci utamanya “HKEY_CURRENT_USER”, selanjutnya pilih Find.
4. Anda sekarang dihadapkan pada jendela pencarian (Find). Pada halaman tersebut Anda dapat memasukkan kunci tujuannya, yaitu “Desktop”.
5. Setelah kunci yang akan dicari dimasukkan, Anda dapat memulai pencarian dengan mengklik tombol Find Next.
6. Setelah menemukan kunci “Desktop”, sekarang pastikanlah alamat lengkap dari kunci yang ditemukan dengan petunjuk tabel. Alamat lengkap (path) dapat dilihat pada status bar bagian bawah atau yang kami beri tanda kotak.
7. Setelah alamat dipastikan ketemu, Anda dapat melanjutkan pengaturan dengan menambahkan kunci baru dan nilai data seperti yang telah diinstruksikan pada tabel setting.
8. Terakhir, untuk dapat melihat hasil pengaturan, Anda dapat merefresh Windows dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Apabila tindakan refresh belum tampak perubahan, Anda dapat merestart komputer.

1.2.4 Teknik Menambahkan Key
Apabila pada bagian trik nanti Anda diminta untuk menambahkan kunci baru atau data baru, Anda dapat menambahkannya dengan sangat mudah. Berikut dua cara tersebut.

1. Untuk menambahkan subkey (subkunci) Anda dapat memilih kunci utamanya kemudian klik kanan > New > Key.
2. Sedangkan apabila Anda diminta untuk menambahkan kunci untuk data baru, pastikan untuk tipe nilai datanya. Apakah String Value, Binary Value, DWORD Value, Multi-String Value, atau Expandable String Value.
3. Selanjutnya, setelah data dibuat, Anda dapat melakukan setting dengan memberi nama dan nilai (value) pada data yang terbuat.

1.3 Memahami Struktur Registry

Buat Anda yang masih awam dengan registry, pada Artikel ini akan kami terangkan bagian-bagian yang ada di dalam registry, sehingga pada latihan selanjutnya Anda dapat dengan mudah memahaminya.

1.3.1 Perbandingan Struktur Registry
Di dalam registry, sebenarnya bentuk struktur dan pemahamannya hampir sama dengan struktur folder pada Windows Explorer. Di dalam Windows kita mengenal adanya Folder, Sub Folder, Sub Sub Folder dan File setelah My Computer. Begitu juga dengan registry, strukturnya hampir sama, akan tetapi namanya yang berbeda. Berikut bentuk kesamaannya.

Windows Explorer > Regedit
*Drive C : My Computer
*Folder : Key atau Root Key atau Kunci Utama
*Sub Folder : SubKey atau Sub Kunci
*Sub Sub Folder : SubSubKey atau Sub Sub Kunci
*File : Data
*Value atau : Isi Value atau Isi
Pada latihan selanjutnya, kita akan menggunakan istilah Key atau Kunci Utama dan SubKey sebagai Sub Kunci (perhatikan lagi ke-terangan pada tabel di atas). Jadi, nanti Anda jangan bingung apabila kami kadang kala menyebut dengan key ataupun kunci karena keduanya memiliki maksud yang sama.
Untuk lebih menambah pemahaman Anda, dari beberapa bagian registry yang telah dijelaskan dalam tabel di atas.

Catatan: Di dalam Registry, Key juga dapat disebut dengan Handle Key, maka dari itu setiap Key memiliki nama yang didahului dengan H, seperti HKEY_USERS.

1.3.2 Bagian Registry dan Fungsinya
Dilihat dari halaman Regedit, Anda akan menemukan banyak key dan subkey beserta dengan datanya. Dari beberapa key yang ada, setiap key tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.
* HKEY_CLASSES_ROOT
Nama lain dari key ini adalah HKCR, key ini merupakan tempat di mana seluruh asosiasi file Windows disimpan, dan Windows akan mencari special folder type classes. Di dalam struktur, key ini identik dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes.
* HKEY_CURRENT_USER
Nama lain dari key ini adalah HKCU, key ini berisi informasi tentang user yang sedang log in pada saat itu. Terdiri atas subkey, antara lain:
> AppEvents, berisi setting untuk sound events.
> Control Panel, berisi setting control panel.
> InstallLocationMRU, berisi path/lokasi master Windows
(waktu pertama kali menginstal Windows).
> Network, berisi informasi yang berhubungan dengan Net-
work atau jaringan.
> Software, berisi tentang setting atau konfigurasi software
untuk pemakai yang logon pada saat itu.
> RemoteAccess, berisi informasi tentang Dial up Networking.
* HKEY_LOCAL_MACHINE
Nama lain dari key ini adalah HKLM, key ini berisi informasi tentang hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. Terdiri atas subkey, antara lain:
> Enum, berisi informasi tentang hardware, misalnya tentang monitor.
> Hardware, berisi informasi tentang port serial.
> Network, berisi informasi yang berhubungan dengan network
untuk pemakai yang sedang aktif atau logon.
> Software, berisi informasi dan setting software.
* HKEY_USERS
Nama lain dari key ini adalah HKU, key ini berisi informasi tentang desktop dan user setting untuk tiap user yang berhak login ke komputer tersebut. Tiap user mempunyai sebuah subkey. Jika hanya terdapat satu user, maka nama subkey tersebut adalah ".default".
* HKEY_CURRENT_CONFIG
Nama lain dari key ini adalah HKCC, key ini berisi informasi tentang konfigurasi hardware, berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE.

1.4 Backup dan Restore Registry

Demi terjaminnya keselamatan setting sistem Windows, Anda perlu melakukan Backup Registry sebelum latihan dimulai. Pada bagian ini Anda dapat mengikuti teknik-teknik backup dan bagaimana me-restore (mengembalikan) hasil backup.

1.4.1 Backup Registry
Backup adalah salah satu kegiatan penyelamatan data sebagai data cadangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan fatal pada sistem Registry yang ada pada Windows.
Untuk melakukan backup, Anda dapat menggunakan editor Regedit default Windows. Ada beberapa teknik dan pilihan dalam mem-backup Registry.

1. Mem-backup semua Root Key. Anda dapat mem-backup semua data Root Key dengan cara memilih folder My Computer, kemudian dari menu File > pilih Export.
2. Selanjutnya, dari jendela penyimpanan Anda dapat menentukan nama file hasil backup dan tempatkan pada folder khusus yang memudahkan Anda untuk mengaksesnya apabila diperlukan.
3. Selain cara di atas, Anda juga dapat mem-backup dengan cara memilih salah satu kunci atau subkunci saja. Caranya dengan memilih kunci utama yang hendak di-backup.

1.4.2 Restore Registry
Restore merupakan tindakan yang berlawanan dengan Backup, yaitu metode mengembalikan data hasil backup saat terjadi masalah pada data Registry yang ada saat ini.
Untuk me-restore file registry, Anda dapat menggunakan file backup terakhir yang dianggap masih memiliki informasi Registry stabil (tidak rusak). Caranya melalui menu File > pilih Import > kemudian pilih file data backup yang akan di-restore dan klik Ok.

1.4.3 Memperbaiki Windows Melalui System Restore
Untuk memperbaiki Windows XP yang rusak karena kesalahan konfigurasi atau korup saat berlatih memanipulasi Registry, Anda dapat memperbaikinya dengan memanfaatkan tool yang bernama System Restore.
Tools System Restore berfungsi untuk mengembalikan setting awal yang pernah ada pada waktu yang lalu. Untuk menggunakannya, berikut langkahnya:

1. Dari halaman desktop, klik menu Start > pilih Programs > pilih Accessories > pilih System Tools > kemudian klik menu System Restore.
2. Dari halaman System Restore, Anda dapat memilih pilihan yang berbunyi Restore my computer to an earlier time, pilihan ini berada pada bagian kanan jendela System Restore.
3. Setelah memilih metode restore, Anda dapat mengklik tombol Next untuk melanjutkan.
4. Kemudian pada subjendela Select a Restore Point Anda dapat menentukan tanggal terakhir saat kondisi sistem Windows dalam keadaan sehat atau baik.
5. Setelah memilih tanggal terakhir yang dirasa sistem Windows belum rusak, Anda dapat melanjutkan proses dengan klik Next.
6. Setelah selesai, Windows secara otomatis akan melakukan restart. Setelah masuk Windows, Anda akan segera mendapatkan sistem windows kembali seperti saat Anda memilih tanggal.

Mudah-mudahan Artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi Anda,saya sedikit berpesan, jangan menggunakan Artikel ini untuk meng-“usili” komputer rekan Anda yang masih awam dengan REGISTRY karena mungkin akan membuat rekan Anda kebingungan dibuatnya. Selamat Mencoba...

print this page 

0 komentar:

Blog: Erwin - Belajar Blog | The Template by : kendhin Website: x-template.blogspot.com| Powered By: Erwin Arianto